Tarik Mang !!!

Image Hosted by ImageShack.us

Rabu, 20 Januari 2010

Bersedekah Dalam Berbisnis



Dahulu seorang sahabat pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. Kurang lebih Kira-kira dialognya seperti ini :

Sahabat : "Ya Nabi. Saya mau bertanya, kenapa dagangan gandum saya kurang laku ya? Padahal saya sudah jujur dan tidak berlaku maksiat. Kira-kira saya masih salah dimana ya Nabi?"

Nabi SAW : "Wahai sahabatku, bagaimana cara kamu berdagang?"

Sahabat : "Ya Nabi, Saya mencoba berdagang dengan tidak berlaku curang. Saya tidak mengurangi timbangan barang sedikitpun. Gandum 1 liter, ya saya jual 1 liter, tidak saya kurangi. Anehnya, pedagang Quraisy di sebelah saya yang mengurangi timbangan, kok malah lebih laku dari saya. Kenapa ya Nabi?"

Nabi SAW : "Kalau begitu berarti cara dagang kamu masih kurang tepat."

Sahabat : "Kurang tepatnya dimana ya Nabi?"

Nabi SAW : "Begini, dalam setiap 1 liter gandum yang kamu jual, kasih lebihan. Jadi jangan kamu jual tepat 1 liter, tapi lebihkan supaya pembeli merasa senang."

Tak lama kemudian sahabat tersebut mempraktekkan petunjuk dari Nabi SAW tersebut. Setiap ada yang membeli gandum, selalu diberikan lebihan olehnya. Beberapa hari kemudian dagangan sahabat tersebut jauh lebih laku daripada pedagang Quraisy disebelahnya.

***

Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari cerita diatas.

Pertama, dalam berdagang, jujur saja tidak cukup. Kita juga harus cerdik dalam melihat dan menyiasati situasi pasar yang ada.

Kedua, taktik dagang yang dianjurkan Rasul kepada sahabat tersebut, banyak digunakan oleh pedagang Cina, yaitu marjin sedikit, tapi volume penjualan tinggi.

Ketiga, dengan berat gandum yang telah ditambah lebihan, pembeli dengan mudah bisa membedakan gandum yang dijual oleh sahabat lebih berat dan tentu lebih banyak dibandingkan gandum yang dijual oleh pedagang Quraisy.

Keempat, dalam Islam lebihan tersebut adalah sedekah, yang bila diterima oleh Allah SWT, berkahnya dunia dan akhirat.

Kelima, lebihan tersebut adalah bonus. Pada dasarnya orang suka akan bonus, baik berupa lebihan atau diskon harga.

Wallahu'alam Bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar